Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Blogger dan Cara Menghasilkan Uang dari Blog Profesional Anda

Menjadi Blogger Profesional ? bisa.... asal kamu ikuti tips kali ini karena semua yang dijabarkan berasal dari pengalaman Pribadi memulai menjadi penulis blog hingga mendapatkan penghasilan dari web blog profesional saya. Khusus ekslusive for you.

 

cara menjadi blogger

 



Apa itu Blogger?


Menjadi Blogger dan Cara Menghasilkan Uang dari Blog Profesional Anda. Pada dasarnya blogger merupakan istilah untuk Penulis yang mendapatkan uang dari website nya. Meski demikian istilah tersebut sangat erat dengan google adsense. seseorang yang berhasil mendaftarkan websitenya dan menghasilkan uang dari google adsense disebut Blogger. Inilah awal mula istilah blogger dipopulerkan, akan tetapi makna awal tersebut sekarang sudah mulai bias dan memiliki beragam makna. Sebelum Istilah Blogger populer orang mengenal istilah Webmaster. Webmaster merupakan orang yang memiliki keahlian mengoptimasi website dan mampu menghasilkan uang dari skill yang dimilikinya.



Dari pada debat tentang blogger yang bias dan webmaster yang sudah mulai punah mending anda mengikuti langkah langkah berikut agar anda bisa menjadi seorang blogger profesional.



Tahapan Menjadi Penulis Blog Profesional



Membuat Blog Sesuai Kebutuhan


Membuat blog harus sesuai dengan kebutuhan anda ataupun skill dasar anda. Bisa menggunakan Blogspot ataupun Wordpress tergantung media apa yang lancar anda gunakan. Jika merasa awam dalam hal media website maka saran dari saya gunakanlah blogspot diawal awal belajar.




Artikel yang anda baca saat ini merupakan hasil pengalaman pribadi. Saya sendiri memulai belajar menjadi seorang webmaster menggunakan media blogspot. Setelah itu barulah menggunakan Wordpress yang memang secara tampilan jauh lebih bagus dan lebih seo friendly.




Perbedaan blogspot dan wordpress


Masing masing media ini menurut saya pribadi memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing tentunya ini bersifat subjektif menurut pengalaman saya sendiri. Adapun poin poin tersebut akan saya jabarkan sesederhana mungkin dan jika ada yang terlupakan atau tidak lengkap silahkan komentar dan dengan senang hati saya akan mengedit artikel ini demi khasanah pengetahuan pembaca.



1. Blogspot

Keunggulan Dan Kekurangan

Keunggulan :
Mudah digunakan cukup nulis artikel dan menentukan label
Cocok untuk pemula yang tidak ingin ribet optimasi website
Server tidak akan down kecuali google sendiri yang down wkwkkwk
Produk langsung dari Google
Murah Meriah Bahkan Gratis kalau tidak mau pake TLD

Kelemahan :
Sulit untuk Utak atik tampilan website
Memiliki URL yang terlalu panjang, itu berpengaruh terhadap seo friendly
Label berarti Kategori dan Hastag, ini membuat Web kita terlalu banyak dibacara Robot google


2. Wordpress

Keunggulan Dan Kekurangan

Keunggulan :
Tampilan atau Template yang bisa custom
Bisa mengatur Sort URL yang tentunya lebih simple untuk pembaca
Kategori dan Hastag bisa diatur sehingga pembaca tahu navigasi web anda

Kelemahan :
Rumit untuk pemula karena harus belajar tentang plugin tambahan
Jika memiliki TLD sendiri, anda harus punya hosting dan itu butuh modal
Harus belajar lagi tentang kecepatan website jika tampilan template anda lambat


Disclaimer
Semua kelebihan dan kekurangan ini sebenarnya tidak usah diperdebatkan, saya menggunakan keduanya. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya untuk pemula cocok dengan blogspot setelah ingin lebih profesional anda beralih atau menambah blog dengan media wordpress seperti yang saya lakukan. Puluhan Blog yang saya miliki menggunakan kedua media ini. Tentunya ada juga web yang saya build dari nol tanpa menggunakan blogspot atau wordpress.


Poin yang telah saya sebutkan tentu tidak lengkap karena tujuan penulisan artikel ini khusus untuk anda yang ingin menjadi blogger profesional, jika saya menjelaskan lebih panjang, dikhawatirkan menjauh dari subtansi artikel.


Menentukan Niche Blog Anda



Untuk menentukan Niche suatu blog sangatlah penting karena website yang anda optimasi nantinya akan mendapatkan perbandingan oleh website lain, google akan membandingkan website dengan niche yang sama terlebih dahulu jika tidak mendapatkan artikel yang sesuai kebutuhan pembaca maka search enginee akan menampilkan web yang dianggap memiliki otoritas seperti web berita. Jika anda seorang pemula, wajib untuk menentukan niche blog yang paten jangan kemana mana sebelum anda memenangkan persaingan tersebut. Akan saya jelaskan dipoin belajar seo.

 

Macam Macam Niche Blog



Berita : membahas informasi terkini

Blog : membahas tips web

Teknologi : membahas seputar teknologi mutakhir

Bisnis : informasi peluang usaha

Politik : membahas tentang tokoh dan informasi suatu negara

Edukasi : membahas dunia pendidikan


Mencintai Literasi



Menjadi Blogger bukan sesuatu yang simple sekedar buat web lalu posting artikel spin dari orang lain, blogger profesional selalu meluangkan waktu menulis karya sendiri dan membaca banyak literasi untuk kebutuhan pribadinya. Itulah yang membuat blogger memiliki otoritas dan dapat dipercaya sehingga bisa menghasilkan uang dari blog pribadinya.



Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa blogger merupakan seorang penulis. Sangat jarang kita dapatkan orang yang bisa menulis dengan baik dan benar jika dia sendiri tidak rajin membaca. Dunia literasi sangat erat kaitannya dengan baca tulis. Disinilah skill khusus yang wajib dimiliki.



Menjadi Blogger adalah salah satu jalan yang dipilih seorang penulis menghasilkan uang. Jejak digital yang saya miliki sebelum dikenal sebagai webmaster dan pebisnis online adalah seorang penulis. Diatara pilihan yang ada tentunya saya memilih menjadi penulis blog dengan peluang lebih besar. Disclaimer Subjektif.




Belajar Teknik Menulis Artikel



Ketika memutuskan sebagai penulis blog anda harus mempelajari teknik menulis artikel yang baik dan benar. Tidak hanya itu, diharuskan pula menarik dan nyaman untuk dibaca. Masing-masing orang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal model penulisan.



Menulis artikel untuk website tentu tidak sama saat anda belajar di bangku kuliah, artikel web jauh lebih variatif. Berikut akan saya paparkan jenis jenis artikel yang perlu anda ketahui. Tentu setiap jenisnya memiliki perbedaan.



Artikel Pilar



Artikel Pilar adalah pondasi utama artikel dalam mengoptimasi setiap pembahasan yang telah kita sediakan untuk pembaca. Biasanya artikel pilar ini digunakan untuk menampung semua informasi yang berhubungan dengan judul tulisan artikel kita.



Artikel Pilar sangat populer bagi webmaster agar tulisannya bisa masuk ranking teratas google. Saat anda menemukan artikel ini di google maupun mesin pencari lain, tentu karena kualitas dari artikel ini memang saya persiapkan untuk menang di pencarian.



Artikel pilar digunakan sebagai penampung kata kunci, itulah kenapa artikel tersebut harus lengkap dan berkualitas. Tulisan ini adalah contoh paling tepat untuk anda seperti apa itu artikel pilar.



Saat menampung kata kunci turunan sebaiknya anda menggunakan kata kunci turunan. Misalkan... Artikel ini khusus memenangkan keyword "Menjadi Blogger" maka saya harus menulis beberapa kata kunci yang berhubungan dengannya seperti menjadi blogger profesional, penulis artikel blog, cara menjadi blogger. Semua kata kunci turunan harus disisipkan.



Selain itu, Artikel Pilar dipersiapkan untuk mendirect artikel konten yang kita miliki. Pecahan dari pembahasan artikel pilar bisa kita sediakan di artikel konten.



Artikel Seo



Artikel Seo adalah Tulisan yang sesuai dengan kaidah seo friendly dimana setiap teknik penulisan artikel seo ini menggunakan semua term dari seo.



Kaidah seo friendly untuk Artikel seo menggunakan inbound link dan outbond link. Anda akan menemukannya di tulisan ini, tentunya saya akan memberikan contohnya langsung dimana inboun link akan menuju ke artikel saya yang lain, dan outbound link akan menuju ke website lain yang memang punya otoritas.



Artikel seo juga harus memberikan kelengkapan seperti H1/judul utama, H2/judul, H3/subjudul, H4/judul kecil. Tambahan lain menggunakan poin dan titik sebagai pelengkap dalam penulisan artikel.



Note: Perbedaan antara Artikel pilar dan artikel seo terletak pada jumlah kata dan fokus keyword dari artikel seo dikhususkan untuk 1 kata.


Artikel Konten



Artikel konten digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembaca kita dan juga mesin pencari. Penggunaanya lebih kepada branding dan menjelaskan kepada khalayak pembaca tentang website anda membahas tentang apa.



Khusus untuk pembaca, artikel konten diambil dari poin poin artikel pilar anda sehingga para pembaca bisa lebih mengetahui tentang poin tersebut dengan lebih signifikan.



Artikel Informatif



Artikel informatif biasanya digunakan di web berita atau memang hanya sekedar memberikan info kepada pembaca anda. Sebaiknya artikel informasi ini dibuat dengan cara review sehingga blog anda tetap berfokus pada niche blog yang anda telah tentukan.



Artikel Promosi



Artikel Promosi tentu digunakan terkhusus untuk menjual atau membuat suatu jasa dimana model kepenulisannya memang khusus untuk memperkenalkan produk maupun jasa anda.



Artikel promosi yang anda tuliskan juga bisa dibuat dengan cara artikel pilar agar anda bisa masuk ranking pencarian.



Disclaimer : Semua istilah yang telah saya tulis bukanlah sesuatu yang paten untuk anda. Ini merupakan pengistilahan untuk anda yang memang butuh informasi dengan simple.



Belajar Seo On page Dan Seo Off Page



Belajar Seo pada dasarnya cukup mudah, mungkin hanya membaca ratusan artikel tentang seo sudah bisa membuat anda paham bagaimana kinerja suatu search enginee bekerja memberikan informasi namun perlu anda ketahui ini sangat menyita waktu dan itu membutuhkan kesabaran ekstra. Berkaitan dengan Menentukan Niche Blog web anda yang saya paparkan diatas, sebenarnya bagian dari seo onpage. Disini saya memaparkan secara sistematis agar anda yang masih pemula jangan langsung belajar seo diawal awal.



Belajar seo terlalu dini akan mematahkan semangat anda menjadi blogger karena ini berhubungan dengan psikologi anda sendiri, banyak blogger yang beralih peruntungan karena persoalan ini. Menjadi Blogger juga butuh tahapan jika terburu buru maka bukan tempatnya, seorang pemula yang beranggapan profesi ini cepat memiliki hasil adalah kesalahan fatal. Anda salah kamar. Seo Butuh waktu yang lama, anda harus tekun dan itu membutuhkan kesabaran ekstra. Selama anda belajar seo maka semangat merupakan kata kunci utamanya, Anda tidak semangat yaaaa tidak akan bisa dijalur ini.



Apa Itu Seo



Seo adalah cara mengoptimasi website agar muncul di mesin pencarian seperti google, bing, yahoo dan lain lainnya. Seo merupakan singkatan dari search enginee optimization yang tentunya di populerkan oleh para pakar seo. Tentunya seo ini sangatlah penting untuk anda ketahui, pahami dan menerapkannya sehingga anda bisa berada di ranking teratas. Saat ini, seo seringkali dihubungkan dengan pencarian google karena mesin tersebut digunakan oleh mayoritas orang. Jika anda ingin belajar seo google langsung dari google itu sendiri silahkan klik --> Panduan seo google <-- ini. Selebihnya akan saya jelaskan versi mudahnya.



Belajar Seo On Page



Untuk mempelajari seo on page ini, tentunya pahami dulu apa itu seo onpage karena ini menentukan apakah mesin pencari memberikan ranking terbaik bagi website anda ataukah tidak. Semua yang berhubungan dengan website anda secara internal maka itulah yang dimaksud dengan seo onpage. Mulai dari struktur website, navigasi website, kata kunci, internal link, outbond link, kategori, hastag, kecepatan website, artikel dan Site Audit Webmaster.



Akan kami ulas semua ini secara sederhana agar anda bisa memahami apa saja hal hal penting saat mengoptimasi website. Syarat utama seorang webmaster adalah memahami onpage seo ini.



.Struktur Website



Struktur website pada dasarnya melingkupi semua seo onpage tapi disini saya akan batasi saja menjadi 2 bagian agar kita bisa fokus membahas bagian bagian lain dari on page seo. just make it simple but significant.



Title : saya akan mencontohkannya dari website blog libros ini yang memiliki title "penulis blog profesional" inilah yang saya optimasi diawal awal membuat website sehingga bisa berada di halaman 1 google. niche yang saya pilih adalah "blog" dan memberikan edukasi seputar "blogger" setelah bisa berada di halaman 1 google barulah saya mengoptimasi niche lain. ingat penjelasan saya sebelumnya, anda jangan kemana mana dulu sebelum memenangkan mesin pencari.



Title merupakan awal dari segala upaya anda mengoptimasi website, inilah yang menentukan anda bisa fight di dunia blogger ataukah tidak. Bahkan Title lah perintah awal kita terhadap robot mesin pencari. Peran Title sangat berpengaruh terhadap mesin pencari, jangan diabaikan dan pilihlah title yang memang mewakili secara garis umum apa itu website anda. 



Description : sesuai dengan katanya, description merupakan penjabaran lanjutan terhadap title anda yang mewakili website anda tersebut. Sebaiknya menjelaskan deskripsi ini dengan kata yang padat. ada 2 alternatif menjelaskan title anda, pertama yaaaa kamu harus menjabarkan secara singkat apa itu website anda. cara kedua yaaaaa spam kata kunci aja.

 

Belajar Seo Offpage

 

Belajar Seo Offpage pada dasarnya adalah membangun backlink dari web lain ke website yang anda optimasi, semakin banyak backlink maka semakin bagus pula web anda, tentunya kuantitas dari backlink itu sendiri harus kita akui tidaklah menjadi patokan bisa berada di halaman 1 google.


Beragam cara yang bisa kita lakukan untuk membangun backlink seperti backlink dummy, ini bisa kita manfaatkan sebagai backlink gratis. backlink dengan sosial bookmarking, backlink edu dan yang paling populer para blogger adalah Backlink PBN. Saya pribadi menggunakan backlink pbn sebagai senjata rahasia saya yang paling powerfull.


Secara garis umum seo offpage ini bisa digunakan dengan 2 cara, berbetuk wheel atau lingkarang atau berbentuk piramida. akan saya jelaskan di artikel yang lain.


Bangun Jaringan Di Group


Khusus untuk membangun jaringan ini, anda bisa menggunakan facebook ataupun forum website. ada banyak group yang bertebaran disana dan itu sangat membantu agar anda bisa lebih paham tentang blog.


Cara Menghasilkan Uang Bagi Blogger


Adsense


Sudah menjadi kewajiban bagi seorang blogger mendapatkan uang di adsense ini, pengalaman blogger pemula memang 


Alternatif selain adsense

buka jasa artikel

buka jasa backlink

buka jasa maintanance web

buka jasa iklan placement

buka jasa seo

menjadi penulis tamu

mengikuti kontes seo

menjadi konsultan seo

membuat kursus offline dan online

membuka kerja sama marketing


Skill utama seorang penulis blog


menulis

membuat konten sesuai keinginan pembaca

membuat konten untuk kesenangan pribadi

berbagi tips

konsisten 


Penutup

Semua yang kami jelaskan disini adalah sedikit informasi yang sempat kami tuliskan, jika ada yang kurang, silahkan komentar maka kami akan menambahkan di artikel ini. saran anda adalah emas pengetahuan kami.

Posting Komentar untuk "Menjadi Blogger dan Cara Menghasilkan Uang dari Blog Profesional Anda"