Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Makan Generasi Z : 2 Sehat 3 Sempurna


 www.hipwee.com




Sejak zaman dulu selalu dicanangkan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menerapkan makan 4 sehat 5 sempurna. Sebab dinilai memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Namun, sejak manusia dimanja oleh teknologi terutama generasi Z tidak terlalu lagi peduli pada makan 4 sehat 5 sempurna.

Apa Itu Generasi Z?

Generasi Z dikenal dengan sebutan generasi internet, dimana generasi ini lahir setelah generasi Y. Siapa saja yang lahirnya di rentang waktu tahun 1995 -2010 merupakan manusia generasi Z. Untuk kamu yang sedang baca artikel ini jika lahir di rentang waktu tersebut sudah jelas kamu termasuk generasi Z. 

Generasi ini diketahui melakukan berbagai aktivitas berhubungan dengan dunia maya serta memanfaatkan segala teknologi yang terus maju. Bahkan ponsel pintar sudah menjadi mainannya sejak kecil. Tidak heran remaja dan dewasa  sudah tidak bisa lepas dari penggunaan ponsel.

Ciri-Ciri Generasi Z

Sesuai dengan namanya generasi internet, maka karakteristik yang dimiliki orang-orang dari generasi ini tentu tak lepas dari teknologi dan media sosial.

1. Mahir Menggunakan Teknologi

Zaman sekarang ini berbagai macam teknologi terus maju dan berinovasi demi kemudahan manusia. Sehingga orang-orang yang awam teknologi mau tidak mau harus belajar tentang teknologi sesuai kebutuhan. 
Tetapi untuk generasi Z ini tidak terlalu sulit menggunakan teknologi, karena sudah mengenal sejak kecil tentu saat sudah besar akan lebih mudah mengoperasikannya. Oleh karena itu, tidak heran generasi Z lebih bisa diandalkan dalam  pemanfaatan teknologi.
 
2. Suka Berekspresi

Mengekspresikan diri bagi generasi Z seolah menjadi kebutuhan, apalagi dengan didukung kemajuan teknologi. Semua hal yang dimiliki dan segala aktivitas yang dilakukan setiap harinya bisa dengan mudahnya diunggah ke media sosial. Bukan hanya itu saja, perasaan sedih, senang, galau dan berbagai jenis perasaan lain pun bisa diungkapkan dengan mudah. 

3. Sedikitnya Privasi

Karena semua hal, aktivitas serta perasaan bisa dengan mudahnya diumbar di media sosial  sehingga ruang untuk privasi akan lebih sedikit. Meskipun  begitu, memang tidak semua orang dari generasi Z yang dengan mudahnya mengumbar privasi. 

Konsep Makan 2 Sehat 3 Sempurna: Nasi, Lauk dan Handphone

Sejak dulu selalu disarankan untuk makan makanan 4 sehat 5 sempurna terutama bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.  Terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah dan disempurnakan dengan susu. Anjuran ini tentunya karena memiliki banyak keuntungan untuk tubuh.

Namun, semakin hari saran ini semakin tidak diindahkan dan hal ini bisa langsung dilihat baik di rumah ataupun di luar. Era digital memancing orang-orang untuk makan sambil menonton video ataupun chatting-an. Tidak jarang pula ada yang makan sambil menelpon. Kebiasaan makan sambil menonton sudah dipraktikkan sejak zaman dulu, dimana orang-orang menikmati sepiring nasi sambil menikmati tayangan sinetron kesayangan. 

Saat akan makan, semuanya dipersiapkan untuk dibawa ke depan televisi. Mulai dari segelas air minum yang diisi penuh, sepiring nasi yang tertutupi oleh lauk pauk. Bagi sebagian orang, makan sambil menonton memiliki kenikmatan sendiri. Namun, ada juga yang tidak suka kebiasaan makan seperti ini, karena menurut mereka tidak lebih nikmat dibandingkan makan bersama, fokus ke makanan bukan ke televisi.
Tetapi, era digital saat ini dimana banyak orang kecanduan menggunakan gadget sehingga dalam aktivitas apa saja, ponsel pintar tidak lepas dari genggamannya.

Bukan hanya saat makan, orang-orang dilalaikan oleh ponsel tetapi juga saat nongkrong bersama teman-teman. Ada juga yang sambil masak menonton postingan instagram, ada juga yang memainkan ponsel saat sedang berada di kamar mandi, saat di kereta, saat dalam perjalanan, sedang belajar di kelas  kecuali dalam shalat dan saat membaca al-Quran. 

Makan sambil main medsos untuk para pekerja, misalnya pekerja kantoran itu bisa dimaklumi. Mungkin mereka memang super sibuk sehingga jam makan ada di jam istirahat pekerjaan. Sehingga sangat tergerak hatinya main media sosial sambil makan. 

Sedangkan untuk yang makan sambil menonton video baik di youtube, instagram, Netflix ataupun platform yang lainnya, umumnya dilakukan oleh anak kost. Anak kost yang memiliki waktu luang ataupun tidak ada jadwal kuliah di hari tertentu, mengatasi bosan di kost dengan menonton video. Namun, ada juga di rumah-rumah dimana keluarganya sudah tidak menerapkan makan bersama di meja makan, sering menikmati makanan sambil menonton video. 

Kebiasaan ini semakin hari semakin mengakar di kehidupan masyarakat Indonesia, mengingat   ke depannya pasti juga tidak bisa lepas dari gadget. Generasi Z merasa tidak lengkap jika makan sendiri, sambil bengong ataupun hanya fokus pada makanan. Jika tidak sedang bermain gadget, pasti makan bersama teman-teman sambil membicarakan banyak hal ataupun sambil bergosip. Pokoknya, ada saja kegiatan yang dilakukan selama menghabiskan makanan. 

Hingga beberapa tahun ke depan, konsep makan 2 sehat 3 sempurna yang terdiri atas Nasi, Lauk dan Handphone ini kemungkinan besar akan terus berlanjut. Apalagi generasi Z yang dengan mudahnya memposting makanan apa saja yang dinikmati. Saat makan di café ataupun restoran kebanyakan kaum hawa sebelum melahap makanan, lebih dulu mengambil handphone dan mengabil gambar makanan yang ada di depan mata. Kemudian diedit sedikit – ada juga yang menggunakan filter – menambah caption, baru deh di posting ke media sosial. 
Apalagi jika ada café yang baru dibuka, pasti akan langsung diburu untuk mengambil foto yang estetis tentunya tidak lupa diposting. 

Bukan hanya selebgram, bukan hanya selebriti saja yang melakukan hal ini, tetapi orang-orang di kota-kota besar yang bukan selebgram, bukan artis  dan tidak sering tampil di layar kaca juga melakukan hal yang sama. Mengunggah foto makanan dan minuman yang esthetic memberi kepuasan tersendiri bagi masing-masing orang. 





4 komentar untuk "Konsep Makan Generasi Z : 2 Sehat 3 Sempurna"

  1. Menarik banget bahasannya. Sebuah representasi tentang bagaimana gaya hidup generasi Z dalam memerankan dirinya di tengah teknologi yang terus menerus berkembang pesat.

    BalasHapus
  2. menarik sekali ya.... emang zaman sekarang itu serba gadget.. apa' di share ke medsos

    BalasHapus
  3. kayanya taglinya di ganti jadi 5 sehat gadget sempurna ya :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email