Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Di Balik Peringatan Hari Musik Nasional 9 Maret 2021

Di Balik Peringatan  Hari Musik Nasional 9 Maret 2021

Oleh : Yetti Rahmatizar

Hari Musik Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 9 Maret  dan di tahun 2021 ini jatuh pada hari Selasa kedua bulan Maret. Peringatan hari musik juga sudah dikeluarkan ketetapannya dalam Keppres No. 10 Tahun 2013 pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pasti terlintas tanda tanya di pikiranmu, kenapa tanggal 9 Maret? 

 

Hari Besar




Fakta Lahirnya Hari Musik Nasional Indonesia

Musik menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena mampu menghibur dan menyenangkan siapa saja yang mendengar ataupun menonton. Para musisi dan seniman pastinya sangat menyambut peringatan Hari Musik Nasional ini. Namun, belum lengkap jika belum tahu fakta-fakta tentang peringatan nasional ini. 

1. Mengenang Pencipta Lagu Kebangsaan Negara Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia harus tahu siapa pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, jangan hanya menyanyikan saja. Bernama Wage Rudolf Supratman yang diketahui lahir pada tanggal 9 Maret 1903. Tanggal inilah kemudian ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional sekaligus untuk mengenang jasanya bagi negara Indonesia. Meskipun begitu, ada perdebatan tentang tanggal lahir WR Supratman. Sebagian mengatakan tanggal 9 Maret dan sebagian yang lain  menyebutkan pada tanggal 19 Maret.

2. Ditetapkan tahun 2013

Penetapan Hari Musik Nasional dilakukan pada masa pemerintahan Presiden ke -6  Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ditetapkan melalui Keputusan Presiden tahun 2013 Nomor 10. Oleh karena itu, sejak tahun tersebut sudah dilakukan peringatan Hari Musik Nasional.

3. Apresiasi dan Motivasi untuk Para Musisi


Adanya peringatan Hari Musik Nasional sebagai salah satu motivasi sekaligus apresiasi kepada musisi dan seniman yang selama ini sudah menghibur masyarakat Indonesia. Tentunya menjadi hari yang membahagiakan bagi mereka karena merasa diakui dan dibanggakan di Indonesia. Sehingga ke depannya bisa terus berkarya tidak hanya berprestasi di Indonesia,  tetapi juga harus mampu bersaing di kancah internasional.

4. Kampanye Bertajuk Kopi, Musik Cerita Jiwa

Mendengarkan musik ditemani secangkir kopi menjadi perpaduan yang sempurna dalam mencari inspirasi, menenangkan hati  hingga mengekspresikan perasaan. Sehubungan dengan Hari Musik Nasional, Janji Jiwa terinspirasi mengadakan kampanye bertajuk Kopi, Musik Cerita Jiwa dengan berkolaborasi bersama Joox. 

Joox merupakan platform digital yang hingga hari ini dimanfaatkan oleh generasi millennial untuk menikmati bait-bait musik. Joox mempunyai komitmen yang sejalan dengan Janji Jiwa yaitu memberi dukungan untuk produk-produk lokal. Seperti yang dikatakan Manager Marketing Communication Jiwa Group  bahwa pihak mereka ingin bekerja sama membawa lebih besar eksposur  terhadap musik lokal dan kopi lokal untuk anak muda. Menariknya, selama kampanye berlangsung, pelanggan berkesempatan mendapatkan pelayanan spesial. 

5. Konferensi Permusikan oleh M Bloc

Musisi dan Seniman terutama yang berada di Jakarta pasti sudah tidak asing dengan Simpul Kreatif M Bloc. Kabar baiknya dalam memperingati Hari Musik Nasional 2021 ini, mereka menggelar Konferensi Permusikan. Tema yang diambil kali ini adalah Kebangkitan Musik Nasional Pasca Pandemi. Kapan atau Kapan-Kapan?  Yang bisa ditonton hari ini 9 Maret 2021. 

Sejumlah pesohor juga dihadirkan guna memeriahkan suasana mulai dari Rian D’Masiv, Tresno Tipe-X, David Naif, Danilla Riyadi, Jikun/Rif, David Karto, Anas S. Alimi, Kiki Aulia Ucup dan masih banyak yang lainnya. 

6. Pertunjukan Big Bang Indonesia

Big Bang Indonesia merupakan sebuah tajuk program yang dibuat oleh Iwang Noorsaid, Fadhil Indra, Denny Djantika bersama Komunitas Silverian 86. Program ini tentunya dibuat dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional  2021.

Program Bikin Gede Bangsa Indonesia ini mendapat apresiasi dari Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan  Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Harapannya dengan adanya program ini dapat mendorong para musisi Tanah Air untuk terus menginspirasi dan berkarya menghasilkan musik dengan tema Indonesia. Motivasi diberikan dalam ucapannya, “Jadikan Indonesia sebagai insipirasi dalam berkarya, kreatif dan berkebangsaan untuk Indonesia maju di masa depan”. 

Hebatnya, gerakan Big Bang Indonesia juga mendapat dukungan  Adhyaksa Dault yang merupakan menteri Pemuda dan Olahraga periode 2004-2009. 

Nah, itulah beberapa fakta yang mewarnai Hari Musik Nasional 2021. Akhir kata, Selamat Hari Musik Nasional 2021 buat semuanya. Untukmu pecinta musik, para musisi dan seniman terus berkarya membanggakan negara tercinta Indonesia. 



Posting Komentar untuk "Di Balik Peringatan Hari Musik Nasional 9 Maret 2021"

Berlangganan via Email