Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Kerjasama dengan Mitra Bisnis

 

Tips Membangun Kerjasama dengan  Mitra Bisnis Agar Sukses Bersama

Membangun bisnis mungkin lebih mudah dibandingkan mempertahankan bisnis itu sendiri. Karena seiring perkembangannya pasti ada saja kendala atau masalah yang memaksa untuk terus maju atau malah berhenti di tempat. Adanya kerjasama dengan mitra bisnis dapat membantu mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

 

 

membangun kerja sama

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Bisnis Sukses bersama Mitra Bisnis

Berbicara tentang kerjasama sebenarnya tidak selalu berjalan mulus tanpa masalah. Bisnis terus berjalan dengan baik jika kedua belah pihak memiliki komitmen dari awal sampai akhir untuk kesuksesan bisnis. Jika tidak, maka sulit untuk memastikan kerjasama bertahan  bahkan bisa saja berakhir dengan perselisihan. Pasti semua pebisnis tidak ingin ini terjadi, bukan? Makanya, sebelum memilih siapa mitra bisnis yang diinginkan, perlu pertimbangkan kriteria berikut. 

 

1.       Kesamaan Visi dan Misi

Pilihlah mitra bisnis yang memiliki visi dan misi yang sama denganmu dalam menjalankan bisnis. Visi dan misi pastinya sudah dipikirkan sebelum bisnis dibangun. Sehingga jika ada perbedaan pendapat di kemudian hari bisa dibicarakan dengan baik. 

 

Memiliki visi dan misi yang sama, meskipun nanti kamu mempunyai banyak perbedaan baik dari ide, sistem hingga praktiknya  tetap tidak membawa perselisihan besar dalam kerjasama dengan mitra bisnis. Karena dari awal tujuannya kerjasama, bukan ingin menang dengan pendapat sendiri. 

 

2.       Menyebutkan Secara Jelas Apa yang Dibutuhkan dan Apa yang Diharapkan

Kebutuhan akan mitra bisnis pasti karena kamu butuh sesuatu dan memiliki harapan bagaimana ke depannya. Misalnya, kerjasama dengan mitra bisnis untuk memperoleh modal berarti kamu butuh modal untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, mungkin juga ada kebutuhan-kebutuhan yang lain.

 

Sebagian kebutuhan dan harapan tidak diungkapkan saat mencari mitra bisnis, padahal perlu. Sebab dengan mengetahuinya maka ke depannya  bisa lebih berusaha untuk memperolehnya. Sedangkan jika hanya diri sendiri yang tahu dan tidak didapatkan seperti yang diinginkan, dapat merenggangkan hubungan kerja sama. Harapan dan kebutuhan memang bisa berubah seiring waktu berlalu, tetapi bukan masalah jika dibicarakan dengan baik dan jelas bersama mitra bisnis

 

3.       Ketahui Kelebihan Mitra Bisnis

Pentingnya mengetahui kelebihan mitra bisnis agar lebih mengenal orang yang bekerja sama denganmu. Pastinya kamu sudah tahu bahwa setiap orang di dunia ini memiliki kelebihan masing-masing, mungkin saja apa yang bisa dilakukan mitra bisnis, ada yang tidak bisa kamu lakukan. 

 

Misalnya, kamu sulit meyakinkan orang agar tertarik dengan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan. Untungnya, mitra bisnis jago dalam hal ini, bicarakan dengannya agar dia bersedia fokus dalam bagian tersebut. Sebaliknya, kamu tidak boleh terlalu asik mengorek kelebihan mitra, tetapi juga harus tau apa kelebihan diri sendiri yang bisa dikembangkan untuk kemajuan bisnis. 

 

4.       Menggabungkan Skill Kamu dan Skill Mitra Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika kamu dan mitra bisnis memiliki perbedaan kelebihan. Maka dapat dipikirkan untuk menggabungkannnya jika memungkinkan. Bisnis membutuhkan banyak skill bukan hanya skill memasarkan saja, namun skill produksi, manajemen keuangan, perencanaan bisnis setiap minggunya. 

 

Kamu pasti tidak sanggup melakukan semua sendiri, sehingga sangat penting membangun kerjasama dengan mitra bisnis. Manfaatkan kemampuan mitra bisnis, setelah digabungkan pasti menghasilkan sesuatu yang lebih besar dibandingkan melalukan sendiri. Selain itu, mitra bisnis yang dipilih juga harus amanah terutama untuk pencatatan pemasukan dan pengeluaran agar bisnis tidak bangkrut. 

 

5.       Saling Percaya

Jika ingin hubunganmu dengan mitra bisnis berhasil maka kepercayaan adalah poin penting dalam hal ini. Meskipun begitu, ada sebagian orang di dunia yang sulit sekali percaya dengan orang lain. Tetapi, yang perlu kamu perhatikan adalah siapa saja yang sudah menjadi mitra bisnismu harus kamu percayai dan dia juga harus percaya padamu. Jadi, ada kata saling percaya yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

 

Coba bayangkan jika kamu menjalankan bisnis dengan orang lain, kemudian kamu tidak percaya. Pasti kamu selalu gelisah, overthinking yang tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Mengakibatkan hubungan kerjasama dengan mitra bisnis hancur akhirnya visi dan misi tidak tercapai.

 

Lalu bagaimana cara mudah membangun kepercayaan? Jawabannya adalah komunikasi. Apapun masalah yang dihadapi dalam bisnis harus saling dibicarakan. Jangan dipendam sendiri sehingga terdesak mengambil keputusan sendiri tanpa diketahui pihak kedua. Adanya komunikasi yang baik memudahkan pemecahan masalah dan mampu mengambil langkah yang tepat untuk ke depannya. 

 

6.       Saling Mendukung

Setelah percaya, juga harus saling mendukung. Apa gunanya percaya tetapi tidak memberikan dukungan apalagi jika dilakukan untuk bisnis. Segala sesuatu baik diusulkan oleh mitra bisnis ataupun kamu sendiri yang mengusulkan jika memang baik untuk kemajuan bisnis, tentu harus didukung. Jika tidak, kapan bisnis akan berhasil? Adanya dukungan juga memudahkan memecahkan masalah dan mengurangi berbagai konflik yang mungkin muncul.

 

7.       Tentukan Peran untuk Masing-Masing Mitra Bisnis

Pastikan kamu sudah mengatur dan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan mitra bisnis dalam memajukan bisnis. Jika tidak ditentukan, maka kamu selalu diliputi asumsi yang bisa saja nanti tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jika ternyata ada mitra bisnis yang belum melakukan tanggung jawab dengan baik  kemudian kamu telat mengetahuinya, kecewa dengan harapan pasti terjadi. 

 

Jadi, jelaskan  tugas apa yang harus dilakukan oleh setiap mitra bisnis. Kamu bertanggung jawab pada diri sendiri juga pada hubungan kerjasama dengan mitra bisnis tersebut. Tujuannya agar semua pekerjaan ada yang mengerjakannya dan bisa selesai tepat waktu. 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Membangun Kerjasama dengan Mitra Bisnis"