Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ARTI LITERASI DAN PENTINGNYA BAGI MANUSIA

 ARTI LITERASI DAN PENTINGNYA BAGI MANUSIA


Oleh: St. Nur Rahmi Idris


Istilah literasi sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Tapi sayangnya, banyak pula yang belum mengetahui arti dari istilah literasi secara jelas. Seringkali literasi hanya diartikan hanya sebagai aktivitas membaca dan menulis, padahal artinya lebih dari itu. Hal ini disebabkan karena konsep yang dimiliki literasi memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefiniskan beragam cara dan sudut pandang. 

Dilansir pada situs web jabarprov.go.id, ada beberapa institusi dunia yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi literasi. Beberapa di antaranya yakni Merriam-Webster Dictionary, menurutnya literasi berasal dari istilah latin “literature” dan bahasa Inggris “letter”. Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf atau aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. 

Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya kemampuan untuk mengenal dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar).


Kemudian, National Institute for Literacy juga memberikan definisi literasi sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. 


Di sisi lain, Education Development Center (EDC) menyatakan bahwa literasi lebih dari sekadar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dari skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.


Sementara menurut UNESCO, literasi  sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya dan juga pengalaman. Pemahaman umum dari literasi adalah seperangkat keterampilan nyata khususnya keterampilan kognitif membaca dan menulis—yang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa memperolehnya. 


Melihat beberapa definisi di atas, makna literasi cukup luas bukan hanya sebatas penamaan pada kegiatan baca tulis. Sederhananya, literasi adalah kemampuan mengolah informasi yang diperoleh dengan cara melewati gerbang membaca dan menulis. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi jika ia mampu menguasai dasar bahasa yakni membaca dan menulis. 


Nah, setelah menguraikan beberapa arti dari literasi kita juga mesti mengetahui urgensi literasi bagi kehidupan manusia. Banyak komunitas bahkan instansi negara menggalakkan sosialisasi gerakan literasi. Pada akhir tahun 2019, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim mengumumkan bahwa beliau akan mengganti format ujian nasional yang berdasar pada numerasi dan literasi. Melihat salah satu contoh kebijakan ini, tentu ada hal penting yang literasi berikan bagi sumber daya manusia. Apa saja urgensinya?  Berikut beberapa poin mengenai pentingnya literasi bagi manusia berdasarkan jenisnya.


1.    Pentingnya literasi bagi keuangan


Menurut OJK literasi keuangan yakni memiliki pengetahuan da keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk jasa keuangan.

Manfaat yang akan diperoleh jika kita bisa melek literasi keuangan yakni, kita mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan, memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan lebih baik serta terhindar dari aktivitas investasi pada instrument keuangan yang tidak jelas.

2.    Pentingnya literasi bagi digital


Dikutip dari literasinusantara.com, literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh terhadap hukum dalam rangka membina komunikasi dan tranksaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi digital berperan penting dalam menghadapi ancaman penyebaran konten negative seperti konten berbau hoaks, ujaran kebencian atau hate speech, bullitying, radikalisme sampai pada beragam praktik penipuan.

3.    Pentingnya literasi bagi budaya dan kewarganegaraan


Literasi budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Sementara itu, literasi kewarganegaraan adalah kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga Negara.

Kemampuan literasi sangat penting untuk dikuasai melihat kondisi era sekarang yang seperti sudah tidak ada sekat antar negara dalam penyebaran budaya. Dari kondisi ini kemampuan untuk beradaptasi agar kebudayaan Indonesia tidak tergerus menjadi sesuatu yang mutlak untuk dikuasai.

Di atas adalah segelintir jenis literasi yang cukup urgen untuk dikuasai. Masih banyak urgensi literasi yang manusia perlu tau di berbagai dimensi. Selain yang disebutkan di atas adapula literasi kesehatan, literasi sains, literasi numerasi, literasi baca tulis dan masih banyak lagi. Intinya, peran literasi sangat penting bagi lini kehidupan manusia. Sejalan dengan apa yang dikemukakan UNESCO bahwa kemampuan literasi merupakan hak setiap orang dan merupakan dasar untuk belajar sepanjang hayat.

Posting Komentar untuk "ARTI LITERASI DAN PENTINGNYA BAGI MANUSIA"

Berlangganan via Email